Kamis, 31 Oktober 2013

Apa Sebabnya Orang Gagal Diet Walau Sudah Olahraga?

Salah satu cara yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga. Tapi lakukan hal-hal penting berikut ini agar olahraga sukses menurunkan berat badan.

Olahraga yang paling baik dilakukan pada pagi hari, karena saat itu pembakaran kalori lebih banyak dan orang bisa lebih konsisten.

Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar penurunan berat badan bisa optimal, seperti dikutip dari Livestrong, Minggu (13/5/2012) yaitu:

1. Konsistensi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seseorang harus melakukannya secara konsisten. Sebaiknya lakukan kebiasaan berolahraga secara konsisten terlebih dahulu sebelum menambahkan waktu latihan dan meningkatkan intensitasnya.

Pilihlah olahraga yang paling disukai agar anda mau melakukannya setiap hari secara konsisten. Bila perlu, ajaklah teman atau partner untuk melakukannya bersama.

2. Durasi

Apabila telah konsisten, maka selanjutnya adalah meningkatkan waktu latihan untuk membakar kalori lebih banyak sehingga penurunan berat badan semakin cepat.

Hal ini karena jika dilakukan dalam durasi panjang maka orang akan lebih mudah bosan sehingga tidak bertahan lama, untuk itu durasi ditingkatkan secara perlahan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka olahraga lah selama 30 menit untuk menjaga agar berat badan tetap ideal dan 45 menit jika ingin berat badan turun, hal ini merupakan rekomendasi dari American College of Sports Medicine.

3. Intensitas

Intensitas juga merupakan hal penting dalam berolahraga, karena semakin tinggi intensitas maka kalori yang dibakar semakin banyak.

Sebaiknya pilihlah olahraga dengan intensitas tinggi seperti sepeda, lompat tali, tinju, lari, dan renang. Untuk awalnya mulailah dari latihan intensitas rendah seperti jalan dan nanti secara perlahan ditingkatkan.

4. Frekuensi

Semakin sering berolahraga maka semakin banyak kalori yang dibakar, biasanya olahraag 3 kali seminggu dan secara bertahap frekuensi ditingkatkan 5-6 kali dalam seminggu.

Selanjutnya hal yang paling penting adalah buatlah rencana latihan agar tujuan dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar